SD NEGERI 7 MUNTOK

Jalan Jendral Sudirman Kecamatan Mentok Kabupaten Bangka Barat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

#sedasevenberkah #sedasevenbelajardanberbagiinformasi

Peringatan Hari Guru 25 November 2021 di SD Negeri 7 Muntok

Jum'at, 26 Nopember 2021 ~ Oleh Yayan Setiady ~ Dilihat 3232 Kali

Perlu diketahui bahwa tanggal 25 November ditetapkan sebagai Hari Guru Nasional melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia (Kepres RI) No. 78 tahun 1994. Dipilihnya tanggal 25 November sebagai Hari Guru Nasional, karena pada 24-25 November 1945 telah dilaksanakan kongres organisasi guru se-Indonesia yang kemudian melahirkan organisasi Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Tema Hari Guru Nasional 2021 adalah "Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan." Tema tersebut diusung mengingat sekarang dunia pendidikan  sedang berjuang untuk memberikan pendidikan untuk generasi  bangsa di tengah-tengah masa pemulihan pasca pandemi covid 19. Ketika situasi mulai membaik dengan berbagai upaya untuk menghadapi penyebaran virus Covid-19, dunia pendidikan kembali melakukan pembelajaran tatap muka. Sejalan dengan itu, maka tema Hari Guru Nasional 2021 adalah "Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan." Dilansir dari ditpsd.kemdikbud.go.id, strategi pendidikan di era pasca pandemi pun menyesuaikan dengan kebutuhan dan bertransformasi dengan teknologi.Khusus untuk sekolah Dasar, ada tiga langkah yang dilakukan Direktorat Sekolah Dasar dalam beradaptasi dengan pandemi Covid-19 untuk mencapai tujuan pendidikan Indonesia yang lebih baik, antara lain: 

1. Melalui kebijakan yang dikeluarkan pemerintah di tengah pandemi, seperti: 

  • Realisasi anggaran
  • SKB 4 Menteri tentang Pembelajaran Tatap Muka
  • Koordinasi dengan pemerintah daerah dan sekolah.

2. Sehubungan dengan transisi masa pandemi, pemerintah melakukan vaksinasi terhadap guru dan tenaga kependidikan. Pemerintah juga melakukan penyiapan infrastruktur termasuk digitalisasi dan telekomunikasi untuk pemenuhan pembelajaran di masa pandemi.

3. Dilakukan penguatan dan perluasan digitalisasi sekolah termasuk di wilayah 3T, seperti:

  • Memberikan optimalisasi PHBS
  • Scale up pengimbasan sekolah penggerak serta penguatan Profil Pelajar Pancasila melalui berbagai moda pembelajaran (daring, luring, dan project based learning). 

Makna dari tema Hari Guru Nasional 2021 yang berupa "Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan" itu adalah untuk menjadi acuan para pendidik dalam mengarahkan peserta didiknya menjadi pemuda dan pemudi yang memahami perkembangan jaman.

Bergerak dengan hati berarti membawa murid-murid mengetahui lebih banyak ilmu pengetahuan dengan empati yang tinggi agar mereka bisa menyerap ilmu pengetahuan dengan baik. Arti kata pulihkan pendidikan jelas bertepatan dengan keadaan sebelumnya di mana banyak murid mengalami kesulitan untuk mendapatkan pendidikan jarak jauh, dan kini setelah situasi sudah menjadi lebih baik, sekolah dapat memfasilitasi murid-murid untuk mendapatkan pendidikan sebagai bekal kehidupan. 

Berikut keseruan peringatan Hari Guru Nasional 25 November 2021 di SD Negeri 7 Muntok

 

 

 

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

MENIK INDRI MISTIASIH,S.Pd.SD

Assalamu alaikum warohmatullahi wabarakatuh   Di era globalisasi, di zaman serba canggih, arus informasi dari berbagai belahan bumi tak terbendung…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Apakah Website ini sudah memberikan informasi yang lengkap ?

LIHAT HASIL

TOTAL PENGUNJUNG

Pengunjung hari ini :
Total pengunjung :

Hits hari ini :
Total hits :

Pengunjung Online :