SD NEGERI 7 MUNTOK

Jalan Jendral Sudirman Kecamatan Mentok Kabupaten Bangka Barat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

#sedasevenberkah #sedasevenbelajardanberbagiinformasi

Gladi Bersih Gelombang 1 ANBK di SD Negeri 7 Muntok

Rabu, 27 Oktober 2021 ~ Oleh Yayan Setiady ~ Dilihat 3917 Kali

Setelah sebelumnya melaksanakan simulasi ANBK pada tanggal 15 dan 16 Oktober 2021 secara mandiri, SD Negeri 7 Muntok  melaksanakan Gladi Bersih Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Jenjang SD tahun 2021 secara serentak se Nasional pada tanggal 25 dan 26 Oktober 2021 dengan lancar dan  menerapkan protokol kesehatan. Kegiatan ini dilaksanakan 2 hari. Hari pertama Senin, 25 Oktober 2021  peserta didik mengerjakan soal literasi dan survey karakter, dan hari kedua Selasa, 26 Oktober 2021 peserta didik mengerjakan soal numerasi dan survey lingkungan belajar.

Kegiatan Gladi Bersih ANBK ini diikuti oleh 28 peserta terbagi menjadi 2 sesi. Sesi I dilaksanakan sesuai jadwal simulasi Pukul 08.00 - 10.35 wib dan sesi II Pukul 13.00 - 15.35 wib. Pelaksanaan ANBK ini menggunakan 1 ruangan didampingi oleh Bapak Yayan Setiady,S.Pd sebagai proktor, Bapak Riki Noviandi sebagai teknisi dan ibu Sutarmini,S.Pd SD sebagai pengawas. 

Asesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Gladi bersih ini terdiri dari 4 gelombang dan diikuti seluruh sekolah  dengan moda daring atau semi daring.

Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran.  Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

Asesmen Nasional ini sangat perlu dilakukan untuk peningkatan mutu pendidikan yang ada di Indonesia. Asesmen ini dirancang untuk dapat menghasilkan informasi yang akurat untuk mengevaluasi dan memperbaiki kualitas belajar mengajar yang pada akhirnya akan meningkatkan hasil belajar murid. Asesmen Nasional akan menghasilkan informasi untuk memantau perkembangan mutu dari waktu ke waktu apakah pembelajaran yang dilaksanakan sudah merata ke semua murid atau belum.

 

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

MENIK INDRI MISTIASIH,S.Pd.SD

Assalamu alaikum warohmatullahi wabarakatuh   Di era globalisasi, di zaman serba canggih, arus informasi dari berbagai belahan bumi tak terbendung…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Apakah Website ini sudah memberikan informasi yang lengkap ?

LIHAT HASIL

TOTAL PENGUNJUNG

Pengunjung hari ini :
Total pengunjung :

Hits hari ini :
Total hits :

Pengunjung Online :