SD NEGERI 7 MUNTOK

Jalan Jendral Sudirman Kecamatan Mentok Kabupaten Bangka Barat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

#sedasevenberkah #sedasevenbelajardanberbagiinformasi

Kegiatan Pra Observasi Praktik Kinerja di SD Negeri 7 Mentok

Kamis, 29 Februari 2024 ~ Oleh Yayan Setiady ~ Dilihat 382 Kali

Pelaksanaan Kinerja merupakan tahap kedua dalam Pengelolaan Kinerja setelah Perencanaan Kinerja yang telah disusun oleh Guru mendapatkan persetujuan dari Kepala Sekolah. Dalam Pelaksanaan Kinerja, Guru diharapkan dapat menjalankan dua kegiatan penting, yaitu melakukan ‘Observasi Praktik Kinerja’ melalui Observasi Kelas yang dilakukan oleh Kepala Sekolah, serta mengumpulkan bukti dukung berupa 'Pengembangan Kompetensi' dan 'Tugas Tambahan'. 

 

Praktik Kinerja merupakan bagian yang penting dalam Pelaksanaan Kinerja. Praktik ini didasarkan pada sub-indikator yang dipilih oleh Guru melalui Perencanaan Kinerja. Sub-indikator tersebut menjadi pedoman bagi Kepala Sekolah saat melakukan Observasi di Kelas tempat guru mengajar. Keberhasilan Pelaksanaan Kinerja dinilai berdasarkan pencapaian tujuan yang telah ditetapkan oleh  Guru melalui tindakan yang telah dilakukan. 

Kepala SD Negeri 7 Mentok Ibu Menik Indri Mistiasih,S.Pd.SD melakukan kegiatan Pra Observasi kelas guna memastikan evaluasi kinerja guru berjalan lancar dan memfasilitasi pengembangan lebih lanjut. 

Pra Observasi merupakan tahap awal dari proses evaluasi kinerja guru. Berikut adalah penjelasan singkat mengenai kegiatan ini:

  1. Pra Observasi adalah tahap pertama dalam kinerja PMM yang melibatkan guru. Ini meliputi fokus pada satu target perilaku untuk evaluasi lanjutan 

  2. Guru mengisi Lembar Catatan Pra-Observasi sebagai bagian dari evaluasi awal untuk menilai kinerja mereka selama observasi kelas 

  3. Kepala Sekolah melakukan pra observasi dengan memeriksa kelengkapan modul ajar terhadap guru-guru.

Lembar catatan percakapan pra-observasi kelas  mencatat hasil dari diskusi antara guru yang akan diobservasi dengan pihak yang melakukan observasi, dalam hal ini kepala sekolah. Isi dari lembar catatan percakapan pra-observasi meliputi perencanaan pelaksanaan observasi, fokus observasi, serta ekspektasi yang sesuai dari hasil observasi.

Berikut jadwal kegiatan Observasi Kelas di SD Negeri 7 Mentok:

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

 

 

 

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

MENIK INDRI MISTIASIH,S.Pd.SD

Assalamu alaikum warohmatullahi wabarakatuh   Di era globalisasi, di zaman serba canggih, arus informasi dari berbagai belahan bumi tak terbendung…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Apakah Website ini sudah memberikan informasi yang lengkap ?

LIHAT HASIL

TOTAL PENGUNJUNG

Pengunjung hari ini :
Total pengunjung :

Hits hari ini :
Total hits :

Pengunjung Online :