Menciptakan sekolah yang terampil, cerdas, berpijak pada agama dan budaya. Sedaseven
SD Negeri 7 Muntok adalah sekolah yang membentuk karakter anak bangsa serta sarana pendidikan keluarga. Sedaseven
Nyalakan Peliita Terangkan Cita-Cita. Sedaseven
Ing Ngarsa Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa,Tut Wuri Handayani. Sedaseven
Pendidikan adalah senjata paling ampuh untuk mengubah dunia. Sedaseven
Pendidikan adalah kunci untuk membuka pintu emas kesuksesan. Sedaseven
Komunitas Belajar Sedaseven Cerdas SD Negeri 7 Mentok
Rabu,
28 Februari 2024
~ Oleh Yayan Setiady ~ Dilihat 649 Kali
Istilah Komunitas Belajar muncul sebagai salah satu dari 6 (enam) strategi Kemendikbudristek dalam upaya menciptakan ekosistem belajar yang mendukung terlaksananya Kurikulum Merdeka di satuan pendidikan sebagaimana Surat Edaran Dirjen GTK tentang optimalisasi Komunitas Belajar dan panduan optimalisasi Komunitas Belajar.
Komunitas Belajar adalah sekelompok guru, tenaga kependidikan, dan pendidik lainnya yang memiliki semangat dan kepedulian yang sama terhadap transformasi pembelajaran melalui interaksi secara rutin dalam wadah di mana mereka berpartisipasi aktif. SD Negeri 7 Mentok sebagai salah satu sekolah yang menerapkan kurikulum merdeka membentuk komunitas belajar sekolah berdasarkan SK Kepala SD Negeri 7 Mentok Nomor : DK.01.04/145/SDN7MTK/2023 yang bernama Sedaseven Cerdas (Center of Education for Student) sebagai wadah, sarana meningkatkan kompetensi pendidik dan membangun budaya belajar bersama yang berkelanjutan, sehingga berdampak pada peningkatan hasil belajar peserta didik.
Tidak dipungkiri bahwa berbagai macam permasalahan dialami oleh pendidik dan tenaga kependidikan dalam memberikan pelayanan pendidikan di sekolah. Apabila komunitas belajar di sekolah hidup atau aktif, maka melalui komunitas belajar tersebut para pendidik dan tenaga kependidikan bisa saling bertukar pikiran. Melalui diskusi maka pendidik maupun tenaga kependidikan melakukan refleksi dan menentukan agenda atau topik prioritas yang ingin mereka diskusikan di komunitas belajarnya. Mereka juga menentukan tujuan dan target belajar yang dikaitkan dengan peningkatan pembelajaran siswa. Kemudian refleksi bersama tentang apa yang sudah berjalan efektif dan apa yang berjalan kurang efektif untuk perbaikan di tahap selanjutnya.