SD NEGERI 7 MUNTOK

Jalan Jendral Sudirman Kecamatan Mentok Kabupaten Bangka Barat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

#sedasevenberkah #sedasevenbelajardanberbagiinformasi

Uji Coba Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Tingkat SD

Selasa, 06 April 2021 ~ Oleh Yayan Setiady ~ Dilihat 6739 Kali

Dalam rangka penjaminan mutu pendidikan Pusat Asesmen dan Pembelajaran, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melaksanakan kegiatan Uji Coba Instrumen Akademik dan Non Akademik Berbasis Komputer untuk jenjang SD pada tanggal 6 – 9 April 2021 di sekolah sasaran di wilayah kabupaten Bangka Barat, diantaranya: 

Asesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar. 

Asesmen Nasional terdiri dari tiga instrumen, yaitu:
  • Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang mengukur literasi membaca dan literasi matematika (numerasi) murid.
  • Survei Karakter yang mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter murid
  • Survei Lingkungan Belajar yang mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan
Bentuk soal Asesmen Nasional
  • Pilihan ganda
  • Pilihan Ganda Kompleks
  • Menjodohkan
  • Isian Singkat
  • Uraian

SD Negeri 7 Muntok sebagai salah satu sekolah sasaran uji coba AKM mengirimkan 30 siswa sebagai peserta, terdiri dari siswa kelas 4 dan kelas 5, yaitu:

Mengambil tempat di SMP Negeri 3 Muntok, kegiatan tersebut terbagi dalam 2 sesi, sesi 1 dimulai pada pukul 07.30 wib - 10.10 wib yang diikuti oleh 15 siswa, kemudian dilanjutkan sesi 2 yang dimulai pada pukul 10.30 wib - 13.10 wib juga diikuti 15 siswa. Antusiasme serta animo siswa SDN 7 Muntok sangat tinggi dalam kegiatan uji coba AKM. Uji coba ini berjalan dengan sukses, lancar dari awal dan sampai akhir kegiatan tanpa kendala yang berarti. 

Ibu Retna Silalahi (wali kelas 4), Ibu Emy Rahmawaty,S.Pd Sd (wali kelas 5A) serta Bapak Yayan Setiady ( wali kelas 5B/Proktor AKM SDN 7 Muntok) bertugas  mendampingi siswa dalam mengikuti uji coba AKM di SMP Negeri 3 Muntok.

 

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

MENIK INDRI MISTIASIH,S.Pd.SD

Assalamu alaikum warohmatullahi wabarakatuh   Di era globalisasi, di zaman serba canggih, arus informasi dari berbagai belahan bumi tak terbendung…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Apakah Website ini sudah memberikan informasi yang lengkap ?

LIHAT HASIL

TOTAL PENGUNJUNG

Pengunjung hari ini :
Total pengunjung :

Hits hari ini :
Total hits :

Pengunjung Online :